Kontroversi masalah TUMANINAH

Selamat malam para pembaca yang budiman. Kali ini saya hendak menyinggung masalah fiqih. Yah masalah tumaninah dalam solat. Sebagai muslim tentunya anda tahu kata tersebut.

Waktu SD dulu, saya suka ikut pengajian rutin di masjid,di kampung. Saya di ajarkan kitab “SAFINATUN NAJAH” karangan Al-Allamah Asy-Syaikh Salim yang notabene mempelajari ilmu fiqih. Dalam kitab ini dikatakan Tumaninah adalah “sukunun ba’da harokatin’ yang artinya diam (tidak melakukan hal apapun; tidak gerak dan tidak berucap) setelah bergerak. Dan memang pada kenyataan nya ruku, misalnya adalah proses diam. Guru saya yang ini menjelaskan tumaninah sebagai berikut:

“Tumaninah adalah diam seukuran membaca ‘subhanallah’ tanpa membaca sesuatu, jadi benar-benar diam. Setelah durasi tersebut baru membaca bacaan ruku.”

Selepas saya lulus SD, saya meneruskan sekolah saya ke SMP Islam ato lebih kerennya dikenal dengan nama MTs sekaligus mesantren. Disana, saya pun belajar kitab yang sama, yaitu “SAFINATUN NAJAH”. Namun penjelesan mengenai Tumaninah di sini berbeda dengan penjelasan guru saya yang di kampung.

Penjelasan nya sebagai berikut:

“Tumaninah adalah proses diam (tidak ada gerak), di mana dalam diam tersebut kita membaca doa ruku dengan sekurang-kurangnya seukuran membaca ‘Subhanallah”

Nah, jika menurut anda bagaimana? Kalo saya sih lebih condong ke pendapat yang ke dua. Kenapa? Karen ‘harokat’ dalam bahasa arab berarti diam tidak bergerak, bukan berucap. Penjelasan yang ke dua ini lebih masuk akal ketimbang penjelasan yang pertama.

Nah, bagaimana menurut anda; apakah anda mengalami hal yang serupa?

Wallahua’lam bis-shawab…

Leave a Reply

