Alasan kenapa bohong itu dosa

Sebenernya ini pengalaman pribadi gan. Ane bekerja di salah satu perusahaan retail yang cukup terkenal di dunia, perusahaan amrik gitu lah. Bertempat di daerah Jakarta, dengan tipikal customer yang beraneka ragam. Saat itu menjelang tutup toko, sekitar jam sembilanan kalo gak salah. Ada customer yang menanyakan kursi aluminium. Saya tunjukan ke arah kursi yang stoknya tinggal satu. Dan memang model kursi itu yang dia tanyakan. Ane bilang kan kalo kursi ny itu tinggal satu. Dia nanya tu di toko mana lagi yang ada. Dengan yakin ane bilang di semua toko abis alias kosong. Memang saat itu ane lagi banyak kerjaan di mana di departemen (divisi/blok yang ane pegang) lagi ramai oleh customer. Dan yang in-chas di departemen hanya ane sendirian.

Ceritanya baik-baik aja tu…

Selang beberapa menit, customer tadi dateng lg dan memanggil ane. Dia memperlihatkan foto stock all (stok semua toko). “Aduh mampus!!!” Teriak ane dalam hati. Ternyata dia nanya lagi sama advisor lain. Di foto tersebut tertera bahwa di toko-toko lain banyak yang stoknya lebih dari satu.

Customer tersebut mencacimaki ane ampe nametag ane d foto sm dia, entah mau diapain. Kebiasan customer disini, ketika complain masalah pelayanan ujung-ujung nya lapor ke head office. Ya sebagai karyawan saya juga merasa takut kalau-kalau dia laporan. Dan untung nya dia adalah tipikal customer yang tidak ingin menjatuhkan perusahaan kami. Dan saya pun hanya mendapat nasihat saja dari manager saya.

Dari kejadian itu ane baru nyadar ternyata bohong itu adalah hal yang memang mutlak haram. Tuhan memang melarang hambanya berbohong semata-mata karena Dia sayang pada hambanya. Tiada suatu perintah atau larangan tanpa adanya alasan kenapa itu diperintah atau dilarang.

Sebenarnya masih banyak kejadian serupa yang saya alami sendiri, tapi tidak mungkin saya paparkan semuanya di sini. Anda semua yang pernah berbohong, cobalah merenung dan mengingat-ingat kembali kejadian apa yang pernah anda alami karena berbohong. Anda bisa merasakan nya sendiri.

Leave a Reply

